Home Kisah Tebar Alquran ke Pelosok, Sinergi BMH, JNE, dan Kang Maman
Tebar Alquran ke Pelosok, Sinergi BMH, JNE, dan Kang Maman

Tebar Alquran ke Pelosok, Sinergi BMH, JNE, dan Kang Maman

by Imam Nawawi

Sinar matahari yang terik tidak menyurutkan semangat kawan-kawan BMH, JNE, dan Kang Maman pada Sabtu (17/2/24) untuk mewujudkan program tebar sejuta Alquran.

Di tengah teriknya cuaca, mereka berkumpul di kediaman Kang Maman, siap mengirimkan lebih dari 500 Alquran terjemah melalui JNE Bekasi ke berbagai Taman Pendidikan Alquran, kelompok pengajian, dan Pondok Pesantren di seluruh Indonesia, dari Padang, Jambi, Gorontalo, Ternate Selatan, Tarakan hingga Manokwari Papua Barat.

“Kembali saya mengirim 500 lebih Alquran terjemah melalui JNE ke berbagai daerah di Indonesia. Terima kasih kepada BMH dan JNE yang terus mendukung gerakan literasi ini dan gerakan ‘Tebar Sejuta Alquran Bersama Kang Maman’ yang telah berlangsung sejak 2020 hingga kini,” ujar Kang Maman dengan penuh rasa syukur.

Dalam gerakan yang telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu, Kang Maman terus berupaya menyebarkan Alquran ke berbagai pelosok negeri.

Alquran bagi Kang Maman bukan sekadar kitab suci, tapi juga menjadi sumber literasi yang membangun intelektualitas dan spiritualitas masyarakat.

Baca Juga: Dua Buku Satu Pekan

“Iqra’ artinya bacalah, read. Itu perintah pertama dalam Alquran,” tegas Kang Maman.

Manfaat Sedekah Alquran

Sedekah Alquran memiliki manfaat yang sangat besar dalam membangun kecerdasan anak bangsa dari beberapa aspek.

Pertama, sisi pendidikan agama.

Alquran merupakan sumber utama ajaran agama Islam. Melalui sedekah Alquran, anak-anak bangsa dapat mengakses dan mempelajari ajaran agama secara lebih mendalam, yang pada gilirannya memperkaya pemahaman keagamaan mereka.

Sekadar informasi, di Manokwari dan mungkin kota lain di Papua, sangat sulit seseorang menemukan toko buku yang menjual Alquran.

Ongkos kirim untuk ke wilayah Papua, kadang kala lebih mahal daripada harga Alquran itu sendiri.

Kedua, pendidikan Karakter.

Alquran tidak hanya mengajarkan tentang ibadah, tetapi juga mengandung banyak nilai-nilai moral dan etika yang dapat membentuk karakter individu.

Dengan menghafal, memahami, dan mengamalkan ajaran-ajaran Alquran, anak-anak bangsa dapat membangun kepribadian yang baik dan berakhlak mulia.

Ketiga, pendidikan intelektual.

Studi dan refleksi atas teks Alquran juga dapat merangsang kecerdasan intelektual anak-anak bangsa.

Proses memahami ayat-ayat Alquran, menafsirkan maknanya, dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari memperkaya kapasitas berpikir kritis dan analitis mereka.

Keempat, pengembangan Bahasa Arab.

Alquran ditulis dalam bahasa Arab, sehingga sedekah Alquran juga membantu dalam pengembangan kemampuan berbahasa Arab anak-anak bangsa.

Kemampuan ini tidak hanya penting untuk pemahaman Alquran secara langsung, tetapi juga membuka pintu untuk akses ke warisan sastra Arab yang kaya.

Kelima, pengembangan keterampilan memorialisasi.

Proses menghafal Alquran memperkuat daya ingat dan konsentrasi anak-anak bangsa.

Melalui sedekah Alquran, mereka tidak hanya menghafal teks suci, tetapi juga melatih keterampilan memorialisasi yang dapat berguna dalam berbagai aspek kehidupan.

Dengan demikian, sedekah Alquran tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga memiliki dampak positif yang luas dalam membangun kecerdasan dan karakter anak bangsa.

Lebih jauh hal itu juga dapat turut mempersiapkan mereka menjadi generasi yang berakhlak mulia dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. Insya Allah.

Kuatkan Sinergi

“Dukungan BMH dan JNE sangat berarti dalam mewujudkan gerakan literasi ini. Semoga dengan terus bersinergi, kita dapat menebarkan terang Alquran ke seluruh pelosok negeri,” lanjut Kang Maman.

Baca Lagi: Menggali Ide Kang Maman

Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung kebaikan, BMH senantiasa berperan aktif dalam program-program sosial seperti sedekah Alquran.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang telah berkiprah selama 22 tahun, BMH terus berupaya menjadi jembatan kebaikan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Mari bersama-sama dukung gerakan literasi dan kebaikan dengan BMH. Bersama, kita bisa meraih terang di tengah gelapnya kehidupan. Sebagaimana selama ini telah berjalan antara JNE, Kang Maman dan BMH.*

Mas Imam Nawawi

Related Posts

Leave a Comment