Home Kisah Mimpi Besar Jadikan Jiwa Penuh Tenaga, Milikilah!
Mimpi Besar Jadikan Jiwa Penuh Tenaga, Milikilah!

Mimpi Besar Jadikan Jiwa Penuh Tenaga, Milikilah!

by Imam Nawawi

Selepas Subuh saya coba tidak membaca buku. Kali ini (15/1/24) saya mendengarkan podcast Youtube. Helmy Yahya dan Dr Indrawan Nugroho. Judulnya “Yang Mau Maju, Harus Dengerin @IndrawanNugroho Ini! Daging Semua!” Kata yang menurut saya menarik adalah penggerak orang punya tenaga besar dalam hidup, yakni mimpi besar.

Dr Indrawan mengatakan bahwa orang punya kemampuan hebat itu banyak. Tetapi mengapa tidak semua bisa melakukan hal-hal besar, itu tergantung pada dream dalam dirinya. Sebesar apa mimpi yang ia miliki.

Elon Musk ia nilai punya mimpi besar. Idenya bukan sekadar di luar nalar, tetapi benar-benar sinting (gila). Namun, dari ide-ide gilanya itu ia bersungguh-sungguh dan akhirnya ia berhasil.

Ia juga mencontohkan Steve Jobs yang bukan orang dengan background pendidikan teknologi. Tetapi mengapa ia mampu melahirkan inovasi besar di bidang teknologi, tidak lain adalah mimpinya.

Baca Juga: Hari Ini Saya Tahu Mana Pemimpin yang Layak

Steve Jobs kuliah jurusan kaligrafi. “Itupun tidak lulus,” kata Dr Indrawan. Jadi, mau seperti apa bukan karena orang sedang belajar apa. Tetapi mau apa ia dalam kehidupan ini. Itulah mimpi.

Pergaulan

Dr Indrawan kemudian menerangkan bahwa orang yang kuliah MBA tidak akan mencapai kemajuan banyak, jika pergaulannya justru tidak ia kembangkan.

Kuliah MBA kemudian banyak bergaul dengan pengusaha, menekuni dunia-dunia itu dengan tekun, maka ia akan jadi orang yang hebat dalam banyak hal.

Siapapun juga yang punya rasa ingin tahu yang banyak, apa saja ia pelajari, punya jiwa cross study, maka ia akan memiliki mindset yang kuat dalam dirinya.

Nah, itulah sebenarnya bekal yang membuat orang punya kekuatan paling mahal dalam kehidupan ini, yakni pengalaman.

Kalau kita menyorot sejarah Nabi Muhammad SAW, beliau adalah orang yang sangat terampil dalam bergaul, mengedepankan integritas daripada kepentingan sesaat. Akhirnya beliau tumbuh sebagai sosok yang luar biasa.

Cek Lagi

Sekarang tugas kita ringan sekali, tinggal memeriksa, cek kembali, apakah sudah memiliki mimpi selama ini.

Saat diri tidak tertarik pada konten positif di internet saja, boleh jadi itu orang lakukan karena memang ia tidak punya mimpi bagaimana maju dengan handphone yang dimilikinya.

Orang yang ada dalam sebuah organisasi dan semangatnya tergantung keadaan, sangat mungkin ia masuk organisasi tanpa mimpi. Ikut-ikutan saja. Nah, ini sangat kita sayangkan.

Pendek kata, cek lagi, sekali lagi, punya mimpi tidak. Jika ternyata belum punya mimpi, milikilah sekarang dan mulailah untuk fokus mewujudkannya.

Baca Lagi: Benarkah Barat Mulai Sekarat?

Banyak orang kenal Nabi Yusuf as tapi sebagian orang lupa bagaimana mengulas mimpinya yang begitu besar hingga membentuk karakter yang kokoh dalam dirinya.

Ia sabar, tekun, dan tidak terkecoh oleh godaan-godaan yang meruntuhkan moral dan integritasnya. Akhirnya Allah memberikan kepadanya jalan-jalan kemuliaan.*

Mas Imam Nawawi

Related Posts

Leave a Comment