Home Berita Merasa Gagal Cegah Genosida di Palestina, Direktur HAM PBB Mengundurkan Diri
Merasa Gagal Cegah Genosida di Palestina, Direktur HAM PBB Mengundurkan Diri

Merasa Gagal Cegah Genosida di Palestina, Direktur HAM PBB Mengundurkan Diri

by Imam Nawawi

Upaya Israel membombardir Gaza Palestina menuai banyak kecaman. Bahkan PBB belakangan terdampak serius akibat ulah yang benar-benar tak pernah orang bayangkan. Terbaru orang nomor satu dalam urusan HAM memilih mengundurkan diri.

Direktur Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Craig Mokhiber tersebar tengah mengundurkan diri dari jabatannya pada 28 Oktober 2023. Pengunduran diri tersebut dilakukan karena Mokhiber menganggap PBB gagal mencegah genosida di Palestina.

Pembantaian

Dalam surat pengunduran dirinya, Mokhiber mengatakan bahwa alasannya memilih berhenti karena pembantaian besar-besaran terhadap rakyat Palestina tak bisa dicegah. Akhirnya penganiayaan dan pembersihan sistematis terus terjadi dan berlangsung selama beberapa dekade. Dia juga menyebut bahwa hal ini merupakan contoh kasus genosida.

Baca Juga: Masihkah Ada Kemanusiaan untuk Palestina?

Mokhiber kemudian menyerukan pembentukan negara Palestina sekaligus pembubaran Israel. Dia berpendapat bahwa hal ini adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri konflik dan mencegah genosida di masa depan.

Menggerakkan Dunia?

Pengunduran diri Mokhiber tentu bukan berita biasa. Hal itu bisa jadi merupakan bukti bahwa PBB menghadapi tantangan yang besar dalam mencegah genosida di Palestina.

Hal ini menunjukkan bahwa upaya PBB untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel masih belum membuahkan hasil. Nah, akankah pengunduran diri itu berdampak dunia, terutama Barat akan bergerak menghentikan kezaliman Israel?

Kelemahan PBB?

Pengunduran diri Mokhiber merupakan peristiwa penting yang mencerminkan semakin meningkatnya keprihatinan internasional tentang konflik Palestina-Israel. Mokhiber adalah salah satu pejabat PBB paling senior yang pernah berbicara secara terbuka tentang genosida di Palestina.

Baca Lagi: Pahamilah Ini Satu Syarat Kebangkitan

Pengunduran diri Mokhiber juga menunjukkan bahwa PBB tidak mampu memenuhi mandatnya untuk melindungi hak asasi manusia. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang keefektifan PBB dalam mencegah genosida dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya di seluruh dunia.

Terang saja, sangat mungkin pengunduran diri Mokhiber akan meningkatkan tekanan pada PBB untuk mengambil tindakan lebih tegas untuk mencegah genosida di Palestina.

Hal ini juga dapat mendorong negara-negara lain untuk mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri konflik dan mencapai solusi yang adil bagi kedua belah pihak. Semoga dunia segera bisa merespon cepat dan menghentikan Israel terus menyerang Palestina.*

Mas Imam Nawawi

Related Posts

Leave a Comment