Home Kajian Utama Kesempatan itu Sekarang, Kembalilah dengan Segera
Kesempatan itu Sekarang, Kembalilah dengan Segera

Kesempatan itu Sekarang, Kembalilah dengan Segera

by Imam Nawawi

Ramadhan bukan saja kesempatan menang dari Allah yang datang menyapa kita. Tetapi manusia pun juga menjanjikan keuntungan. Dapatkan harga termurah, buruan check out sekarang. Dan, orang yang memang menghendaki pasti akan segera menyambarnya. Lantas bagaimana dengan kesempatan hakiki yang Allah berikan kepada kita selama hidup di dunia ini?

“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az-Zumar: 54).

Baca Juga: Beramal dengan Apa yang Bisa Dilakukan: Kunci Kebaikan

Tafsir Al-Muyassar menerangkan, “Kembalilah kalian (wahai manusia) kepada Tuhan kalian dengan ketaatan dan taubat, tunduklah kepadaNya sebelum hukumanNya menimpa kalian, kemudian tidak ada yang menolong kalian selain Allah.”

Perkencang

Memperhatikan ayat tersebut maka tidak ada ruang dan waktu selain harus kita isi dengan taubat dan amal saleh. seutuhnya tunduk kepada Allah dan fokus melakukan amal-amal kebaikan.

Bagi yang punya harta, bersegeralah sedekah. Karena pada bulan Ramadhan, Nabi SAW sangat kencang dalam hal sedekah.

Dan, bagi yang sehat, bagunglah malam, mengisi Ramadhan dengan qiyam, melalui shalat ataupun tilawah.

Kepada yang punya skill, menulis misalnya, perbanyak tulisan pada bulan Ramadhan. Karena tulisan juga bisa menjadi sedekah yang membuahkan kebaikan.

Prinsipnya jangan ada santai, apalagi malas dalam memanfaatkan kesempatan hidup di dunia yang sementara ini.

Ingat, puasa itu kita lakukan agar menjadi insan bertaqwa. Dan, di antara indikasi taqwa adalah bersegera, bersemangat, bersungguh-sungguh dalam meraih ampunan Allah. Baik dengan infak, mengendalikan amarah maupun memaafkan kesalahan orang lain.

Selamat

Ayat ke-54 dari Surah Az-Zumar juga mendorong kita untuk selamat dari azab. Azab pasti akan Allah datangkan, akan tetapi orang yang bertaubat akan Allah berikan pertolongan.

Baca Lagi: Wakaf Selama Ramadhan Terkumpul 215 Miliar

Oleh karena itu, perbanyak ibadah dengan ikhlas, saat diri kita sehat, saat kita masih muda, kala diri sedang berbahagia dan sepanjang hidup didalam dunia ini.

Hiasi waktu demi waktu dengan kebaikan. Kalau sampai terjadi kesalahan, sadar atau tidak, sengaja atau tidak, segera kembali kepada Allah dengan bertaubat. Insha Allah akan Allah berikan jalan keselamatan.

Tugas kita sekarang, bersegera, berlomba-lomba, dan bergegas-gegas dalam kebaikan-kebaikan yang Allah perintahkan.*

Mas Imam Nawawi

Related Posts

Leave a Comment