Home Opini Apakah Organisasi Anda Sehat?
Apakah Organisasi Anda Sehat?

Apakah Organisasi Anda Sehat?

by Imam Nawawi

Pernah aktif dalam organisasi? Mungkin ini pertanyaan terlambat bagi banyak orang. Sebab keluarga pun bisa kita sebut organisasi. Tetapi kali ini yang kita maksud organisasi adalah wadah aktualisasi, baik itu untuk anak muda, pemikiran ataupun lainnya. Nah, banyak organisasi telah panjang umurnya tapi belum tentu sehat kondisinya. Padahal organisasi sehat itu sangat utama, karena bisa berdampak pada kemajuan dan perbaikan.

Pada sektor ekonomi ada organisasi bisnis. Organisasi bisnis adalah wadah bagi individu-individu yang berkolaborasi secara terstruktur untuk mencapai tujuan komersial bersama, dengan budaya kerja yang unik menjadi penggerak utama.

Organisasi juga bisa kita artikan sebagai wadah kolaborasi individu-individu yang bersatu untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati sebelumnya.

Nah dari dua definisi itu kita temukan kata kolaborasi, tujuan dan sepakat. Dalam kata yang lain, jika tiga kata kunci itu tidak berlangsung dalam sebuah organisasi, kondisinya bisa kita diagnosa sedang sakit alias tidak sehat.

Ciri

Satu ciri organisasi sehat adalah adanya akuntabilitas. Yakni kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban organ, sehingga pengelolaan organisasi berjalan efektif, penuh tanggung jawab dan pengurusnya aspiratif dan progresif.

Secara global, organisasi mencapai kondisi sehat jika telah memiliki kepemimpinan yang baik, koordinasi dan kontrol yang andal, lingkungan dan nilai yang hidup, seluruh pengurusnya memiliki motivasi, kapasitas, dan juga gemar berinovasi.

Baca Juga: Menghidupkan Spirit Pelaku Sejarah

Organisasi yang sehat juga memberi ruang, kesempatan kepada anggota untuk tumbuh dan fokus dengan talenta yang dimiliki.

Oleh karena itu manajemen mesti mendorong terciptanya lingkungan kerja yang kolaboratif, di mana setiap karyawan atau anggota organisasi memiliki pemahaman yang jelas tentang visi, misi, dan tujuan perusahaan termasuk pembagian perannya. Dengan kesadaran bersama, organisasi dapat meningkatkan produktivitas secara berkelanjutan dan mencapai kesuksesan bersama.

Tukar Pikiran

Nah secara kasat mata apa bukti sebuah organisasi sehat?

Dalam tinjauan saya sederhana saja, mau atau tidak seluruh anggota dalam organisasi secara terbuka melakukan tukar pikiran.

Orang yang mau tukar pikiran artinya senang diskusi, saling “jual-beli” saran dan kritik. Namun semua seperti obat, mendorong kesadaran sebagai tim, sehingga kian hari, kondisi tim kian solid. Mereka tak punya kesempatan untuk mencurigai satu sama lain, bahkan bertanya-tanya pun tidak.

Akibatnya semua masalah menjadi pengetahuan bersama. Dan, mereka pun senang satu sama lain saling mengingatkan, memberi saran dan sinergi untuk kemajuan demi kemajuan organisasi.

Baca Lagi: Serakah vs Sedekah

Kalau sebuah organisasi, satu sama lain pengurus dan anggotanya tidak bisa lancar dalam tukar pikiran, alamat organisasi akan jalan di tempat atau bahkan mundur ke belakang bahkan mungkin jatuh.

Perilaku

Ketika satu sama lain mudah, cair dan terbuka dalam interaksi, maka organisasi itu bukan sekadar telah memenuhi syarat disebut sehat, tetapi juga telah menuju proses pembentukan perilaku organisasi yang baik.

Seperti kita tahu, organisasi adalah sarana manusia dapat bertukar pikiran satu sama lain. Karena itu organisasi yang hidup, aktif, bahkan sehat yang semua bisa berkomunikasi dengan lancar.

“Komunikasi dalam organisasi dapat dilihat dari sisi komunikasi antarpribadi dan komunikasi organisasi,” demikian diterangkan dalam buku “Riset SDM dalam Organisasi Husein Umar” (2001).

Dalam kata yang lain, kalau kita ingin tahu apakah organisasi kita sehat atau belum, cek saja komunikasi diri sendiri dengan pengurus yang lain. Ada gap atau tidak, lancar atau tidak. Jika jawabannya positif, maka organisasi itu sedang baik-baik saja. Dan, kalau kita sering terkendala untuk bertukar pikiran, bisa jadi organisasi itu sedang sakit alias tidak sedang baik-baik saja. Sadari dan benahi!*

Mas Imam Nawawi

Related Posts

Leave a Comment